Artikel 1 - for HONDA DBL 2012 South Kalimantan Series

by - 3/16/2012 09:01:00 PM

BUKAN OPENING BIASA

“Selamat Soreeee Banjarmasinnnnn……..”

Rasanya kalimat itu masih terngiang-ngiang di kepala kalo ingat Opening Party Honda DBL 2012 South Kalimantan Series, Sabtu (3/3). Cukup dengan satu kalimat dari MC paling heboh di seantero jagat, Ka Putra dan Ka Nisa, GOR Hasanuddin HM Banjarmasin pun riuh rendah dibuatnya. Acara dibuka dengan penampilan break dance cowok-cowok keren berpakaian keren, bergerakan keren dan senyum keren dari Black Squad Breaking Banjarmasin. KYYYAAAAA!!!!!!! Sontak cewek-cewek satu GOR pada sumringah. Cowok-cowoknya juga ga kalah sumringah. Lho?

Sekitar pukul 12.00 siang, GOR Hasanuddin mulai dipenuhin sama penonton, dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Padahal open gate baru start di pukul 14.30, tapi udah banyak banget yang rela ngantri, bahkan menjelang opening, bentuk antrean udah mengular panjangnya. Pas ditanya kenapa pada bela-belain ngantri, jawaban mereka nyaris kompak, sama-sama ga mau kelewatan event kompetisi basket antarpelajar paling bergengsi di Tanah Air ini. Wow!

Di dalam GOR, suporter dari masing-masing sekolah mulai unjuk aksi. Ga cuma yel-yel yang diteriakin, tampilan busana mereka juga kompak abis. Lihat aja suporter Smada Banjarmasin (SMAN 2 Banjarmasin), kompak make kaos merah bertuliskan “Win with pride, lose with respect” (Menang membuat bangga, kalah tetap terhormat). Kita lihat juga PUTSMAN (sebutan bagi suporter putra-putri SMAN 1 Banjarmasin) ga kalah hebohnya, dengan kaos dan slayer ijo-ijo, bertuliskan “I LOVE SMASA”, “100% SMASA” dan kata-kata penyemangat lainnya. SMA Korpri Banjarmasin juga ga mau kalah, suporternya pake kaos item-item semua, trus ada yang brani malu, mukanya pada dibedakin dingin (pupur dingin). Sumpah gokil nih anak pada.

Ga cuma itu, Dance Competition dan Journalist Competition juga nambah maraknya gelaran Honda DBL 2012 South Kalimantan Series kali ini. Naaah… yang kayak gini nih yang bikin Honda DBL jadi beda banget dibanding kompetisi basket lainnya di Indonesia.

Dari tirai hitam berlari kedua tim basket putra dari Smada Banjarmasin dan SMA Korpri Banjarmasin. Masing-masing tim diikuti team official dan dancer. Wuihhh asyik juga nih liat gaya dan gagahnya mereka. Suara riuh rendah pun menggema mengiringi barisan tim siap tempur itu. Itu sekilas opening art khas DBL. Berikutnya, hening sejenak. Indonesia Raya mengalun khidmat, semua pada berdiri tegak. Bernyanyi bersama lagu kebangsaan. Saya berani jamin semua yang ada di GOR merasakan sensasi ‘sserrr’ alias merinding disko. Emang beda ya rasanya nyanyi sendiri di rumah dan nyanyi bareng begini. Hidup Indonesia!

Selesai Indonesia Raya, pertandingan Smada Banjarmasin versus SMA Korpri pun dimulai. Sebuah pembuka yang manis dari Smada Banjarmasin sang juara Honda DBL Putra 2 tahun berturut-turut. SMA Korpri terlihat kewalahan menghadapi serangan Smada. Sampai akhir kuarter 2, SMA Korpri hanya mampu mencetak 2 poin dibanding 33 poin yang dibukukan Smada. Ketegangan sempat mengendur di akhir kuarter 2 dengan selingan dance SMA Korpri dengan Army Look nya dan dance Smada Banjarmasin yang tampil super cool dengan modifikasi kostum sasirangan. Asli etnik banget.

Lalu, sebagaimana diprediksi, Smada Banjarmasin emang bukan lawan yang sepadan bagi lawannya. SMA Korpri harus takluk dengan skor telak 2-70. Hasil tanding lainnya usai opening game hari itu; tim putra SMKN 4 Banjarmasin vs SMAN 3 Banjarbaru dengan skor 10-47, tim putri SMAN 1 Banjarmasin menggilas SMK Telkom Banjarbaru dengan skor 5-26 dan SMA Kanaan vs SMA Don Bosco berakhir dengan skor 13-4.

DBL merupakan kompetisi bola basket pertama di Indonesia yang mengembangkan konsep Student Athlete, yang bukan hanya menekankan perkembangan basket, tapi juga perkembangan pribadi dan profesionalisme para pemain muda yang terlibat di dalamnya. Setelah empat tahun bermula dan dikembangkan di kota Surabaya, pada 2008, virus DBL pun menyebar ke sepuluh propinsi di Indonesia, termasuk Kalimantan Selatan. Honda DBL 2012 South Kalimantan Series digelar hingga Sabtu, 10 Maret 2012. DBL memang salah satu event paling bergengsi dan ditunggu-tunggu para pelajar pecinta bola basket di seluruh Indonesia. Play with pride guys!

You May Also Like

0 komentar