PROLOGUE: THE ENGAGEMENT

by - 1/01/2019 07:02:00 PM


"... selama ini Icha fokus bekerja, mengejar impian Icha di Jakarta..yang membuat Icha males balik ke Banjarbaru. Bahkan Icha pernah bilang ke Joko biar aja kita tetap LDR kalau udah menikah dan Joko dengan sabarnya selalu mengiyakan keinginan Icha soal ini. 

Suatu hari, Icha tanya ke Joko kenapa ngga kamu aja yang ke Jakarta? 
Kayanya lebih memungkinkan kalau kamu yang pindah kesini.

Joko bilang, kalau kamu di Banjarbaru kita bisa sama-sama jaga orang tua kita.  

Lalu Icha sadar, ternyata kita hidup itu bukan hanya soal karier, karier, dan karier. Tapi punya keluarga yang bahagia, suami yang hebat, dan anak-anak yang cerdas nantinya. Ini semua dimulai dengan menikah.  

Jadi.. Joko, semoga nanti kita jadi tim yang hebat ya. 
Aku nerima lamaran kamu."


Sambil terisak, terbata-bata, tapi tentu ya.. penuh kebahagiaan ngomongnya.
Banjarbaru, 2 Desember 2018
#akhirnyaichajoko lamaran..

Mungkin hari itu banyak yang terkaget-kaget, karena aku emang bilangnya cuma ke keluarga dan orang-orang tertentu aja. Bahkan sahabat-sahabatku baru dikasi tau H-3/H-1 minggu acara HAHAHHA
Dan hampir semua (9:10) bilang "Akhirnya ya ..." kata "akhirnya" ini berlanjut di reply insta-story.

Ya memang, karena untuk menuju ke tahap ini, aku dan calon suami (ea) melalui fase pacaran dan LDR (pula) yang cukup lama, yaitu 6 tahun++.

Jadi, ketika masuk ke fase ini, emang bikin orang-orang bahkan kita sendiri ngomong "Akhirnya ya... jadi juga." hahahahh

Btw, sebenarnya Joko udah ngelamar aku pada 17 Maret 2018. Ngga ada moment ngelamar bawa bunga, berlutut pake lagu-lagu romantis masangin cincin. Tapi yessss Joko cus langsung ke orang tuaku ngomong maksud kedatangannya. Ini baru laki!!! :D

Singkat cerita, mama dan abah mengiyakan. Besoknya, Joko dan orang tuanya ke rumah. Sejak saat itu, petualangan (beserta drama-drama) kita menuju pernikahan pun dimulai.


PREPARATION
Kita emang udah menyiapkan semuanya dari setelah Joko dan keluarga ke rumahku. Tapi eh tapi ... tantangannya adalah.. aku dan Joko mempersiapkan ini dari jarak jauh. Mulai nentuin tanggal, gedung, milih vendor, semua ditentukan dengan diskusi jarak jauh.

Beruntungnya aku punya keluarga yang sangat bisa diandalkan soal bikin event + Kiky (adik) dkk yang punya party planner + aku (dulunya) suka megang event. Bahkan susunan acaranya aku bikin sendiri, lho! HAHAHAH (calon) pengantin mandiri.

Perjuangan jam 12 malam baru bisa mulai dekor

Yang ga kalah penting adalah bantuan sahabat-sahabat aku yang dengan sukarela jadi crew bantuin Kiky dkk buat acara ini (mewek)
Dari H-7 minta bantuan dua orang aja, yaitu Dedy dan Rizky. Terussss tanpa diminta yang lain ikutan bantuin sekompi (mewek lagi)
Bahkan bantuinnya sampe ga tidur beberapa hari (tambah mewek)
Malam H-1 bener-bener pada ngga tidur karena venue baru bisa didekor jam 12 malam (mewek guling-guling)
Tepat H-2 jam sebelum acara mulai dan tamu berdatangan, venue siap. FYUH

Sweet corner

Ohiya 85% bunga di acara ini bunga asli. H-1 acara aku ngambil langsung di sentra bunga Rawabelong (Jakarta) ditemani Made (thanks babiku!) seminggu sebelumnya buat mesan. Ini sekaligus menjawab pertanyaan kenapa H-1 baru balik Banjarbaru. Selain karena sisa cuti tinggal 3 hari, juga karena mau menjaga kesegaran bunga. HAHAHA

Flower everywhere
D-DAY


Sekitar pukul setengah 11, rombongan keluarga Joko datang. Karena keluarga Joko tersebar di pulau Jawa, walhasil sahabat-sahabat Joko yang bawa hantarannya. Makasih kaka-kaka tampan! wk

Perasaan aku waktu itu awalnya.. jujur ya.. deg-deg'an biasa aja. Begitu liat dua makhluk bernama Yeta & Ipit, dua sahabatku dari SMP langsung bercucuran air mata rasanya. Kok kaya terharu bangeeet gitu. Mungkin karena ingat dulu kita bodohnya (WKWK) kaya gimana eh sekarang akunya udah dilamar orang aja. 

Rasa terharu ini berlanjut saat aku dipanggil menuju venue diiringi lagu favorit aku dan Joko, My Everything dari Glenn Fredly. Disitu aku dijemput kaka sepupuku dulu, Kaka Dya & Kaka Lia yang selanjutnya berlanjut ke Farrel. Kenapa Farrel?

Alasannya simple. Farrel itu anak cowo satu-satunya abah dan mama. Jadi ini simbol bahwa Farrel yang bakal jaga kaka-kaka cewenya, sampai kapanpun! Bahkan kalau udah menikah.


Saat berjalan, air mata bercucuran, untung masih bisa senyum ketawa ketiwi wkk. Ngeliat hampir semua keluarga besar ada disana, sahabat-sahabat (bahkan ada yang rela datang ke Banjarbaru dari berbagai tempat!) rasanya yaampunnnn happy banget!
Sebagai seorang anak yang hampir tidak berperasaan (kata orang) saking susahnya terharu, hari itu seorang ichaatoonnisa luluh lantak. 
Tangis bahagia menyeruak di kedua pelupuk mata seorang ichaatoonnisa
SADISSSSSSS
Respon keluarga dan sahabat saat itu priceless banget sih. Ada yang mulutnya mangap liat aku terharu, ada yang bersorak-sorai kaya penonton Dahsyat, ada yang ngakak liat Farrel yang ngantar, ada yang tepuk tangan kegirangan, ada suara-suara "Aaaahhhh (so sweet), bahkan ada yang mengeluarkan air mata juga. Intinya, begitu masuk venue semua perasaan campur aduk!
Kemudian acara dipandu oleh Ka Shinta yang meminta Om Bambang (papanya Joko) buat speech. 


Dilanjutkan oleh Joko yang ya Allah tegangnya udah kaya mau disunat lagi. WKWKWK
Kalau ingat mukanya, pengen ngakak sumpah! Terus usut demi usut, malamnya Joko baru bisa tidur jam 4 subuh karena harus speech!
Muka tegang Joko, PRICELESS!
Di luar muka tegangmu, muka takut-takutmu, serta konten bicaramu yang bikin semua orang senyum-senyum sendiri liat keteganganmu..
Tapi makasih ya, ini hadiah ulang tahun terindah. Lamaran di hari ulang tahunku HEHE


Kemudian dilanjutkan abah menyampaikan speechnya sekaligus memperkenalkan satu-persatu keluarga (super) besarku. Hari itu keluargaku yang datang 100 orangan HAHAHAH

Dan ini baru 1/5nya HAHAHA
Tapi ya emang sudah jadi tradisi di keluargaku, seneng satu seneng semua. Jadi kalau ada acara gini udah pasti semua keluarga terdekat diundang.


Joko lupa ngasi bunga di awal
Sampai akhirnya aku yang harus speech. Tapi sebelum mulai, aku mau ngerjain Joko dulu. Siapa suruh lupa ngasih bunganya ke aku! HAHA
Jadi sebelum speech, aku ngomong "Semuanya, sebelum Icha lanjut ke omongan Icha, Icha mau bilang dulu. Joko, bunganya kasih dulu dong ke aku." disambut gelak tawa semua orang yang ada disitu.

Aku ngga nyiapin speechku karena pengen denger speech Joko dulu. Sok banget ngga nyiapin, terbukti saat di depan ngomong di awal ga jelas banget isinya. Baru kemudian menemukan flownya dan LAGI-LAGI seorang ichaatoonnisa terharu. Cuplikan ngomongnya ya yang di awal tulisan ini.
dan yaaa..
ICHAATOONNISA SESENGGUKAN DI HARI LAMARANNYA!
SADISSSSSS
Bahkan aku pun ngga nyangka sahabat-sahabatku, keluargaku ngeliat aku dengan mata berkaca-kaca juga, Intinya, hari itu intimate banget. Se-intimate itu sampe ga bisa ngomong. Bahkan, Joko menitikkan air mata mendengarkan speechku. HAHA iya udah dari hati yang terdalam banget soalnya.

#akhirnyaichajoko LAMARAN
Kemudian acara dilanjutkan dengan tukar cincin dan menyerahkan seserahan. Mama masangin cincin ke Joko dan Tante Ratih memasangkan cincin ke Icha. Seneng banget akhirnya kita diikatkan oleh tali silaturahmi ea maksudnya tali pertunangan atau lamaran yang artinya pernikahan sudah di depan mata.

Saat itu kembali, MC meminta speech dari mama-mamanya. Disini lebih ke pesan mama-mama ke Icha dan Joko terkait lamaran ini termasuk do's & dont's sebelum menikah EHHE
Saat mama ngomong, kembali ya aku menitikkan air mata. Padahal belum nikah tapi rasanya terharu banget abah dan mama bakal ngelepasin aku ke orang lain yang tentu saja aku cinta!


Tapi tetep gimanaaa gitu. Apalagi habis itu mama bilang "Selamat ulang tahun, kaka" dan memelukku. Yaampuuun keingat perjuangan mama dan abah membesarkan Icha selama 24 tahun ini. Walhasil, seorang ichaatoonnisa tersedak eh terharu lagi.
SADISSSSSSS


Acara inti lewat, masuk ke ice breaking. Bukan games, tapiiii perwakilan dari sahabat Joko, Ka Revan dan sahabat Icha, Tias buat ngomong pesan dan kesannya buat kami berdua. Intinya disana mereka ngomong apa kesan mereka ngeliat kita selama ini. Soalnya mereka ini termasuk yang sering hang out bareng kita kalau di Jakarta. Bahkan kata Ka Revan, dia Go-Jeknya Joko kalau nyamperin aku ke Jakarta HAHAHA
Thanks for your fun & sweet speech, guys!


Sampailah ke bagian Icha dan Joko yang cerita soal gimana sih awal ketemunya? Terus bisa lanjut sampai sekarang. Di bagian ini Joko dulu yang ngomong dengan (masih ada) sisa-sisa ketegangan sebelumnya HAHAHA. Kemudian omongannya diralat oleh Icha. Pas bagian ini semua orang senyum-senyum, ketawa-ketawa liat kita berdua. Aih, jadi malu~


Intinya, goal aku buat bikin acara ini moodnya dari sweet ke fun dapat banget. Cita-cita banget punya acara yang ga cuma mikirin 'sesuai pakemnya', tapi lebih mikirin intimatenya, hangatnya, tapi tetep sweet dan fun! Dan yaa.. Alhamdulillah acara dengan goal mengaduk emosi semua orang berhasil. YEYYYY!

Ditambah lagi hari itu cuaca sangat mendukung. Subuhnya emang sempat hujan cukup deras, begitu pagi cahaya muncul dengan cerahnya dan sampai acara selesai, panasnya ngga terik! Adem aja gitu seharian. Padahal udah takut banget tamu bakal kepanasan karena acaranya semi outdoor. 

Senengnya lagi, acara ini ga sekedar seremonial antar dua keluarga. Tapi juga jadi tempat silaturahmi antar keluarga buat mengenal lebih lagi. Kalau kata abah, siapa tahu ketemu di jalan, bisa saling tahu, bisa saling kenal. Dan taunya ada beberapa keluarga kita yang emang udah saling kenal. Kalau ngga ada acara ini, ngga bakal tahu kan? 

Apalagi 5 tahun terakhir ini aku udah jarang banget ngumpul keluarga besar. Karena kuliah, terus sekarang kerja yang bikin ga bisa balik ke Banjarbaru dan sering ketemu keluarga.
Sama sahabat-sahabat Icha juga yang dulunya yaampun ga bisa ga ketemu. Terus tiap ada moment apa bakal party lah, BBQ'an lah di rumah aku, yang selama 5 tahun ini ga pernah kita lakuin lagi hari itu almost kumpul semua! Bersyukur banget acara juga berjalan dengan super lancarrrr. Alhamdulillah!


Di akhir acara, dapat surprise kue pula, dari sahabat-sahabat dan Bude Sar serta Laila! Bude Sar ini yang jagain aku, Kiki dan Farrel di rumah dari aku SD sampe SMA. Bude Sar ini juga yang sering lihat aku diantar-jemput Joko di rumah. Hahahah seneng banget semuanya ngumpul dan meninggalkan kesan yang sangat dalam bukan hanya buat Icha dan Joko tapi seluruh keluarga dan sahabat-sahabat Icha dan Joko.

Ohiya, satu hal lain yang sangat aku syukuri pas acara ini yaitu soal persahabatan.
Aku menyadari.. beberapa tahun terakhir ini, aku jarang ngumpul sama sahabat-sahabatku. Aku juga jarang menanyakan kabar atau sekedar saling bertukar cerita kaya dulu. Apalagi ngumpul, boro-boro! Tapi hari itu, aku bersyukur banget.. kalian semua hadir, ga cuma hadir, tapi juga mendoakan dan memberikan bantuan tenaga untuk menjadi crew dadakan bahkan dari beberapa hari sebelum acara.


Aku mohon maaf selama ini kurang perhatian sama kalian, ngga punya banyak waktu buat kalian. Tapi yang perlu kalian tahu, aku sayang kalian pake banget! Aku janji ngga bakal mengecewakan kalian, akan selalu menyayangi kalian, tetap galak sama kalian, tetap jadi Icha yang kalian kenal selama ini bahkan setelah menikah.


Aku ga mau lagi denger kalimat "nanti kalau kamu dah nikah pasti bakal beda.. kamu pasti bakal ninggalin kita blablabla..". NO! Ingat ya.. aku menikah, statusku udah pasti berbeda, tanggung jawabku juga udah pasti beda. Mungkin kita bakal jarang ngumpul kaya dulu-dulu, itu udah pasti.

Tapi ingat, kapanpun kalian butuh aku, aku pasti ada. Kaya kalian yang selalu ada buat aku, bahkan hingga detik ini. Melakukan apapun buat bikin aku senang, bikin aku merasa selaluuu disayang.


Begitu pun buat sahabat-sahabat Joko..
Icha pribadi mengucapkan terima kasih udah 'menjaga' Joko, menemani Joko, selalu setia dengan Joko. Terima kasih juga kaka-kaka jadi tim hore sekaligus tim beres-beres saat acara selesai. Persahabatan kaka-kaka ke Joko nyata, senyata cinta Icha ke Joko
SADISSSSSSSSS

Ke depan, masih ada acara utama yaitu akad nikah dan resepsi pernikahan.
Doakan semua acara berjalan lancar, semua disehatkan dan diberi umur panjang.
Terima kasih tak terhingga buat keluarga besar dan sahabat-sahabat Icha dan Joko atas segala doa, dukungan, dan bantuannya selama ini. Tanpa kalian, acara ini tidak bisa berjalan dengan lancar kemarin.

Termasuk, para vendor-vendor yang dengan setia dicerewetin Icha hahah.

We’re nothing without ....
MUA: @adhyapriyatna
Attire: @nellymahrani1629 
Fabrics: @bindusamtani, Batik Budhe
Decoration: @emesh.party 
Photography: @undas @undasphotography 
Videography: @unoia_pictures 
Seserahan: @bloomswood.co 
Venue: @botani.cnr

#akhirnyaichajoko lamaran
Organized by @emesh.party









2019 and for the rest of our lives, promise me to keep our love remains forever.
(new year's thought)

You May Also Like

0 komentar