Long Trip to Pantai Angsana - Kec. Angsana, Kalimantan Selatan, Indonesia

Minggu, 19 Mei 2013
01.49 WITA
Masi di rumah
Padahal alarm yang kusetel jam 2 subuh belum bunyi, tapi mungkin karna terlalu bersemangat atau apa...aku bangun sebelum waktunya. Padahal tidur jam setengah 11 malam. Itu juga karna ga sabaran nunggu keesokan harinya long trip sama sahabat-sahabat tercinta. Bangun, kucek-kucek mata, sikat gigi, siap-siap berangkat ke toko Tias karna start berangkatnya dari situ. Pantai Angsana, we're comiiiiiiingggggggggg!

02.40 WITA
@Tokonya Tias
Sampe di tokonya Tias, nunggu yang lain pada datang dulu. Soalnya belum lengkap, padahal janjian jam setengah 3 subuh.  Sampe hampir jam 3, masi kurang  1 orang, HANIFFFFFFFF!!! Ditelpon hampir 10 kali ga ngangkat-ngangkat. Sampe aku ngesms Bica, pacarnya Hanif minta bangunin ni bocah.

03.15 WITA
Masi di tokonya Tias
Akhirnya yang kita tunggu-tunggu datang. Itu juga abis didatengin Rudi sama Dika ke rumahnya. Ang..ing..eng akhirnya kami berangkat. Sebelumnya, Ali mimpin doa biar kami selamat sampai tujuan &  kembali ke rumah dengan selamat juga. BISMILLAH!

Long trip has begin....

Tetep happy biar mogok
Bareng Bu Ati, guru baru kita di sekolah & temennya namanya Bang siapa ya lupa =_= pokonya ganteng lah orangnya aahahah nah singkat kata kami 18 orang bareng Bu Ati & Bang Ganteng berangkat menuju Pantai Angsana, Kec. Angsana, Kab. Tanah Bumbu, Kalsel.  Kita naik bis wisata yang oke lah, FULL AC, FULL DANGDUT. Asik lah pokonya walaupun mata lumayan kedat-kedut. Habis jemput Nawang di Pleihari, jalan beberapa  menit dari rumah Nawang tiba-tiba bis mesinnya mati.
MOGOK-SUBUH-GELAP-SEPI-DI NTAH BERANTAH. Sadap (Y).

Deddy siap dilindas
Mesinnya matinya aneh pula. Masa pas lagi lancar tiba-tiba BLEK! Mati. Udah, gitu aja. Mati. Sialan =_=
Muncul lah fikiran macam-macam, horror lah pokonya. Beneran ni aku takut tapi temen-temen ngajak becanda yaudah rada-rada lupa. Tapi aku sebenernya takut. Terus Deddy bikin cerita aneh katanya di Amuntai ada yang jualan apam blablabla acil irus kawin lagi blablabla. Aneh. Udah, gitu aja =_=
30 menitan lebih tu sopir bisnya memperbaikki mesin. Kami udah kepanasan aja dalam bis akhirnya kita keluar bis sampe guling-guling di jalan raya juga.

Semacam oon =_=
Kepanasan di dalam bis
Trus muncul lah di kepala teringat kisah seram dari Ibu Masridah, guru di SMP akhirnya Amat kami suruh nyalain rokok. Kali aja orang sebelah mau rokok. Pokonya gitu lah serem. Tapi bis tetep ga mau nyala. Berarti emang mesinnya oon.

Perjalanan berlanjut, kita pun terlelap. Berharap bangun-bangun udah nyampe pantai. Tapi Tuhan berkehendak lain...

06.40 WITA
Terdampar di depan warung makanan Khas Ja-Tim

BIS MOGOK LAGI..

Bis oh bis..
Kasian pak sopir beserusup
Kurang lebih setengah jam kami nunggu. Yaudah sambil nunggu buang bosan kami pada minum teh, foto-foto & joget-joget. Ya seru lah buang bosan, buang bete. Bis bagus ko mogok =_=

Ali nguap
maaf bapak kami cuma bisa melihat & berdoa. pfftt
termangu, memikirkan xxx
tampan. yang kanan eh yang kiri
Siti Betrix
PARAH! HAHAHAHAHAH

Rudi, Icha, Betrix - stress mogok
shooting video clip
Dea & Rudi
SUMPAH AKU PERNAH KURUS. LOL!
dadah.... bisnya sudah nyala

Perjalanan berlanjut, kita pada ngantuk lagi, bobo lagi.. Tau-tau bangun hujan lumayan deras dan gelap banget lah langit ga ada biru-birunya. Pokonya cuaca ga berteman apalagi bersahabat banget. Mana belum makan pagi, hujan, bete dalam bis. Soalnya jadwal awal kira-kira jam 9 pagi udah nyampe pantai. Eh apes… udah kurang lebih 3 jam bis jalan, dengan bedolnya, BIS MOGOK LAGI. !?#$ZxF!!%$z?!

Rizky bobo di tumpukkan tas
pangeran tidur
Mana hujan, panas dalam bis, laper.. yaudah kita pada bete-betean tuh. Kasian sih om sopir bolak-balik nganu mesin ya tapi kasian kami juga dong pantat pada tepos kelamaan di bis! Yaudah, kami pada ngemil disini terus berkelakuan aneh-aneh. Lagi. Selalu..

belum siap difoto

Dea
Amat
Nawang & Rizky
Siti Betrix part 2
± 11.42 WITA
@Kec. Angsana
kebun kelapa sawit di kanan-kiri jalan menuju pantai
Perjalanan panjang & membuat pantat tepos akhirnya segera berakhir. Sampailah kita di depan gerbang menuju Pantai Angsana. Melewati jalan bedugul-dugul (berlobak-lobak) sejauh ±7 km, yang kanan-kirinya perkebunan kelapa sawit lumayan serem juga. Kan kami naik bis gede, jalannya lumayan serem, ada jembatan serem juga lah pokonya serem masuknya. Dari jam 3 subuh sampe udah mau masuk pantai adaaaaaaaaa aja rintangannya.

"Perjalanan pun ditempuh selama ±8 jam, lengkap dengan bis mogok berkali-kali dan jalanan yang rusak. Namun, semua itu terbayar ketika sampai di Pantai Angsana. Keindahan laut yang masih 'perawan' dan tenang membuat rasa lelah dan keluh kesah menjadi tak berarti(preeet:p)" -Andri

Akhirnya sampai Pantai Angsana, SUBHANALLAH!

kesan pertama: BERSIH & SEPI!
viewnya bikin seger
Jembatannya cantik banget

“Angsana, Angsana itu... Di mata kami pantai ini bagaikan mutiara yang terbenam di belantara hutan kelapa sawit, butuh perjuangan yang tidak mudah untuk mencapai kesana. Akhirnya, perjuangan itu terbayarkan dengan keindahan pesona pantai bunati yang tiada tara, keindahan pantai tersebut sangat natural karena belum banyak campur tangan manusia. Pantai Angsana juga menyajikan keindahan terumbu karang yang telah dilestarikan oleh budidayawan Kalsel. Tidak lupa juga gerombolan ubur-ubur yang membuat kami gatal oleh sengatannya..  Selain itu, Angsana juga memiliki pantai yang bersih dari sampah sehingga kami dapat bermain sepakbola pantai dengan riangnya." –Ali & Hanif

HAPPY HOLIDAY!

mengabadikan momen

L-MEN of the year
ubur-uburnya nyengat, bikin gatel

"Kami pun berencana untuk snorkeling, namun sebelumnya kami makan siang berjamaah terlebih dahulu di pinggir pantai ditemani sinar matahari, angin pantai yang semilir, dan desiran ombak yang menderu(preeeeet:p). Setelah itu, mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk snorkeling. Peralatan sudah cukup lengkap, namun untuk jumlah dan kualitasnya masih kurang (terutama pelampungnya). Lalu, kami naik kapal dan pergi ke tengah laut untuk mencari lokasi yang bagus untuk snorkeling dengan perjalanan kurang lebih 20 menit." -Andri
makan siang sekaligus makan pagi
preparing
naik perahu menuju ke tengah lautan
menuju spot snorkeling
menikmati semilir angin dan deburan ombak
siap nyemplung
ada cinta di perahu u,u
"Kan kutaklukkan dunia! Aku tak takut pada siapapun!" -Deddy, 17yo
"Santai ja mang ai muhanya kada usah karas" -Ali, 17yo

“Menikmati birunya langit, menikmati asinnya air laut dan menikmati indahnya koral-koral yang tertanam indah dengan banyaknya ikan hias yang mengelilinginya. Berasa cantik gara-gara mirip ikan duyung seperti di dongeng-dongeng. Seharian snorkeling tapi tetep aja kecantikan Pantai Angsana nggak ada duanya untuk di daerah Kalsel sendiri.” -Tias

snorkeling time!

"Ke  tengah laut breww hahaha akhirnya kita ke tempat yang ditunggu-tunggu. Iyaa buat snorkeling! Rasanya ga sabar, walaupun juga takut karna aku ga bisa berenang haha tapi setelah nyampe TKP ternyata spot snorkelingnya cetek hahaha pas awal nyebur sih rada-rada takut tenggelam, tapi pas udah liat ke bawah airrrr. Subhanallah asdfghjkl keren gilaaaa hahaha aku yang tadinya ga bisa renang malah ketagihan nyemplung laut karna emang viewnya keren bangetttt. Ga lama kemudian kita pindah ke spot selanjutnya, walaupun view di spot satunya itu ga sebagus di spot yg pertama.. Tapi tetap menakjubkan kok=D selain itu kami juga gila-gilaan di sana, ga cuma nyelam-nyelam kita juga joget-joget kaya orang gila di atas kelotok wkwkwk rasanya ga ada beban hidup lagi dan dunia serasa punya kita hahaha." -Deddy
dasar laut penuh terumbu karangnya keliatan dari atas. Subhanallah..

UNDERWATER ANGSANA

joget-joget di atas perahu

"Ga nyangka Kalsel punya tempat semacam pantai Angsana. Walaupun perjalanannya jauh, mesti berangkat dini hari di saat orang lain masih tidur, bus yang mogok-mogo di tempet-tempet terpencil yang bikin perjalanan semakin panjang. Bahkan untuk nyampe ke pantai mesti ngelewatin hutan sawit sejauh 7km, tapi itu semua worth it begitu nyampe ke Pantai Angsana. Pantai Angsana masih bersih, pengunjungnya juga ga penuh kaya pantai-pantai lain mungkin kosong lebih tepatnya, udah berasa kaya pemilik pantai. Ga pernah kepikiran juga sebelumnya buat snorkeling bareng temen-temen tapi bener-bener terjadi. Ngeliat terumbu karang, berenang di tengah laut di siang bolong, liat bulu babi sama nemo yg selama ini liatnya cuma di tv-tv, megang ubur-ubur, joget-joget harlem shake di tengah laut kapan lagi bisa kaya gitu, pokoknya itu pengalaman yang luarrrr biasaaa kereeennn! Pastinya pengen balik lagi sama temen-temen entah kapan. Semoga terumbu karang di Angsana yang ga kalah mantep dari Bunaken tetap lestari biar bisa dinikmati sama semua orang." -Dea

DAMN! I LOVE INDONESIA

menuju ke daratan
kelelahan
Berjam-jam di tengah lautan akhirnya kami kembali ke daratan. Alhamdulillah ngga terjadi hal-hal yang ga diinginkan di tengah sana. Badan lelah, kulit menghitam, perut lapar, tapi hati puas...

mengembalikan pelampung pada tempatnya
Selesai snorkling bukan berarti trip kami hari ini berhenti begitu aja. Kembali kami main-main di pantai. Masa pas main-main ketek Betrix disengat ubur-ubur!! Hahahah kami pada main pasir, main bola, lari-larian, perang pasir, ada yang nangkap ubur-ubur trus terakhir kami foto-foto, mengabadikan momen dalam bentuk lukisan cahaya yang pastinya akan kami kenang seeeeeelaaaaaamaaaaanyaaaaaaaa

Dea & Dika bikin gundukan pasir berbentuk (.) u,u
Rizky nangkap ubur-ubur! Di tangan kanannya pipis dia 1 botol pas lagi di atas perahu =_=
Dedy & Betrix main air
ALIF EANK S3N4N6 SALTO
U,U
WILL MISS THE MOMENT
Deddy dilemparin pasir
penjaga pantai
penjaga jembatan
yang punya pantai sama jembatannya
foto bareng anaknya penjaga pantai, penjaga jembatan sama yang punya pantai & jembatan ahahah

sahabat-sahabatku adalah orang-orang LUAR BIASA yang makin bikin hari itu LUAR BIASA
Hari yang melelahkan sekaligus mengasyikkan. Best day banget sebelum akhirnya semua pada pisah-pisah :'D
Dan sekarang... saatnya bersihkan badan sebelum kembali mengenyakkan pantat di kursi bis sampai tepos setepos-teposnya.

ini penjaga berikut tarif kamar mandi nya
laper abis berenang
sudah mandi & bersih lagi
Badan udah bersih.. saatnya berkemas. Kembali ke Banjarbaru & menyimpan kenangan hari itu di memori otak dalam-dalam biar ga hilang =_= Bakal kangen momen kita ini. Penuh perjuangan & kesabaran menuju kesini tapi hasilnya memuaskan & rasanya peeeengeeeeeeenn lagi kesini.

bakal kangen desiran ombak, kesunyiannya & tentu pasir pantainya

Besar harapan kami pantai ini tetap terjaga kebersihan & keindahannya. Kalo bisa sih pemerintah ikut turun tangan memperhatikan 2 masalah ini. Tapi, jangan terlalu banyak olahan tangan manusia juga :p biarkan pantai ini tetap natural senaturalnya karna kenaturannya yang asli dari Tuhan lah yang bikin pantai ini berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang sudah saya kunjungi di Kalsel.
Terima kasih tak terhingga kami ucapkan kepada Ibu Ati & Bang Ganteng (masi ga tau namanya) yang udah setia nemenin kami dari Banjarbaru menuju ke Angsana serta memberikan keasikkan tersendiri & pengetahuan positif tentang keindahan bawah laut di Kalsel yang ternyata punya juga yang beginian. Jelas, pantai ini ga akan kami lupakan seeeeeeeelaaaaaaamaaaanyaaaaaa!

SEE YAA ANGSANA!
TESTIMONI
"Awalnya saya ragu ikut holiday ke Angsana, karna lokasinya saya juga belum tau, dan medannya yang lumayan sulit, tapi karna menurut saya itu tempat snorkeling yang indah, saya tekadkan semangat saya menuju kesana bersama teman-teman. Rintangan yang harus dihadapi untuk  menuju Angsana lumayan menarik, mulai dari bis mogok berulang kali, stop di tengah padang, bakar-bakar rokok ga jelas, dll.

Tapi setelah sampe disana, perjuangan kami pun tak sia-sia, karna bukan pemandangannya aja yang indah, tapi juga sedikitnya pengunjung yang datang, sehingga kami bisa puas main disana.

Snorkeling yang menjadi tujuan utama kami adalah hal paling menarik yang kami lakukan, saking asiknya, berjam-jam saya betah nyebur di laut, joget-joget ga jelas di atas perahu menambah keseruan trip kali ini,  memang Angsana is a beatiful place with a thousand beautiful moment." -Giri

“Pantai Angsana memiliki wahana wisata air bermacam-macam, seperti banana boat, jetsky dan snorkeling. Snorkeling merupakan salah satu wahana yang cukup murah di pantai ini. Dengan biaya kurang lebih Rp 150.000, kita bisa menikmati  keindahan bawah laut sepuasnya, ditemani pemandu disana, keamanan pun terjaga bagi penikmatnya. Keindahan yang kita dapat saat snorkeling yaitu indahnya ikan-ikan yang berenang di antara batu karang.” -Amat

"Pantai Angsana adalah sebuah kawasan wisata yang terletak di daerah (ga tau namanya). Tempat wisata yang satu ini berbeda dengan wisata lainnya. Di tempat ini para pengunjung ditawarkan panorama dan pemandangan alam yang masih alami dan belum dirusak oleh banyak kegiatan manusia. Pantai disini bisa dibilang pantai terbagus di wilayah Kalsel. Pantai tersebut terhampar luas dan memiliki berbagai keindahan seperti pasir putih, air laut yang jernih, serta terumbu-terumbu karang yang enggan untuk dilewatkan." -Iqbal

"Angsana pantainya bagus & bersih, masih jauh dari sampah. Cocok banget untuk menenangkan fikiran sejenak. Udaranya masih segar. Apalagi keindahan bawah lautnya, ga kalah sama Bunaken. Tapi untuk masuk ke Pantai Angsana, masih agak sulit dijangkau karena akses jalan masuknya masih rusak." -Betrix

"Angsana merupakan wisata bahari yang paling keren di Kalsel, pantainya bersih, lautnya biru, anginnya sejuk, pasirnya putih, penduduk lokalnya sangat bersahaja, terumbu karangnya cantik-cantik dan bisa dinikmati dari permukaan laut karena kedalamannya hanya 1-2 meter.
Walau lokasinya cukup jauh dan harus melalui medan yang sulit, semua terbayar berkat keindahan alami Pantai Angsana. Pantai ini serasa milik kita sendiri, karna masih belum banyak orang yang kesana." -Nawang

"Ini liburan pertama gue jalan-jalan ke pantai yang katanya ada terumbu karang dan bisa snorkeling, Pantai Angsana. Tempatnya lumayan jauh dari perkotaan. Tetapi perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan itu sangat setimpal dengan apa yang kita dapat di pantai ini. Pertama liat pemandangannya gue langsung jatuh cinta
Trus berasa kaya pantai sendiri karna tempatnya sunyi banget tapi gila pemandangannya keren banget
terus waktu menuju spot-spot snorkelingnya itu kami banyak melewati rumah-rumah nelayan dan beburungan. Hmmm
Trus pas sudah smpai dan nyebur ke lautnya hmmm gila ! KEREN banget tau ga sih loh
-Dika

"Perjalanan yang jauh dan melelahkan tapi sangat memuaskan, walaupun banyak hal-hal yang tidak kami inginkan terjadi saat perjalanan kesana seperti mogok berkali-kali. Tetapi hal itu hampir tak terasa berkat pesona Pantai Angsana yang begitu indah, bersih dan masih alami. Setelah sampai disana kami sangat beruntung karena cuaca yang tidak terlalu panas dan suasana pantai yang masih sepi terasa sangat private. Dan tidak lupa yang paling asik dari semuanya yang asik adalah snorkeling pertama kalinya saya merasakan snorkeling walaupun mata perih tak melunturkan semangat untuk trus bekunyung (berenang) meliat-meliat pemandangan bawah laut untuk pertama kalinya. Ya pokoknya Pantai Angsana itu bagus dah masih alami bersih semoga kealamian dan kebersihannya trus terjaga dan saya tidak bosan untuk kesana lagi dengan lebih banyak pasukan." -Rudi

"Perjalanan LUAR BIASA dengan orang LUAR BIASA ke tempat yang SUBHANALLAH LUAR BIASA indah, asri, bersih, alami membuat hari ini jadi SUPER LUAR BIASA. Ga disangka Kalsel punya tempat wisata berpotensi yang sayang yaa masi banyak orang luar bahkan di Kalsel sendiri ga tau kalo kita orang banua punya tempat wisata yang ga cuma bisa memanjakan mata tetapi apabila dikelola dengan baik mungkin mendatangkan pundi-pundi uang bagi orang sekitar pantai ini bahkan untuk daerah." -Icha

"Perjalanan ke Pantai Angsana sangat menyenangkan, karena pantai ini beda dengan pantai yang pernah saya lihat. Pantai ini memiliki keindahan tersendiri, baik dalam kebersihan pantai serta keindahan laut beserta isinya. Walaupun dalam perjalanan menuju pantai bis sempat terhenti 3 kali dan 2 kali dalam perjalanan pulang karena bus yang kami tumpangi mogok. Setelah sampai disana saya sangat terpana melihat keindahan pantai dan disana kami snorkeling dan melihat berbagai macam terumbu karang, ikan nemo, ubur-ubur, ikan bermacam warna dan banyak lagi yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu~" -Ilyas

"Angsana itu pantai yang paling bagus di daerah Kalsel menurut saya. Pantainya itu bersih banget, airnya jernih, terus ada pelestarian terumbu karang lagi disana. Walaupun perjalanan ke Angsana itu cukup lama dan jalannya lumayan serem, tapi semuanya itu kebayar ko pas udah liat Pantai Angsana. Disana juga disediain berbagai macam wahana kaya snorkeling, jetsky, banana boat, pkoknya seru! Terumbu karang disana juga bagus-bagus. Angsana itu pantai yang recommended banget deh buat jadi tujuan wisata." -Edo Fajrin

"Trip to Angsana benar-benar amazing! Walaupun capek di perjalanan dan berkali-kali mogok, alhasil jadi ngaret sampai Pantai Angsana. Tapi, begitu sampai sana semua terbayar tuntas. Snorkeling itu rasanya kayak syuting dunia air hahaha ketemu ikan macem-macem, bulu babi juga ketemu, dan ketemu juga sama nemo yang mantap. Pokoknya bujur-bujur mantap!! -Alif

Sampai jumpa Angsana...
Terima kasih atas suguhan indah pantai dengan segala keindahan bawah lautmu.
Suatu saat kaki kami akan memijak lagi di pasir pantai ini..